Jurnal.news, Kota Metro – Pentingnya peran serta semua pihak untuk mewujudkan generasi muda mandiri dan berwawasan global menjadi perhatian serius pemerintah. Seperti dikatakan Wakil Ketua I DPRD Kota Metro Anna Morinda.

Anna yang didaulat menjadi motivator di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LPK) Computer for Smart Kids Kota Metro mengapresiasi kinerja yang dilakukan LPK tersebut. Ini terutama dalam mendidik generasi muda yang mandiri dan berwawasan global.

“Pintar saja tidak cukup. Namun kita harus memiliki kemampuan kemandirian, kegotong royongan, kemampuan untuk mengambil keputusan, jujur dan berintegritas. Dan di LPK ini anak-anak bisa mendapatkan itu semua,” ujarnya, saat dikonfirmasi seusai berikan motivasi kepada anak-anak, Jum’at (07/02/2020).

Menurutnya, Indonesia memiliki bonus demografi yang sangat besar. Karenanya semua orang harus mengambil peran dan tanggungjawab untuk mempersiapkan generasi muda saat ini agar dapat bersaing di dunia global, salah satunya dengan memberikan pelatihan-pelatihan.

“Hadirnya saya disini salah satunya untuk mendorong generasi muda di Lampung. Karena seperti kita ketahui siswa di LPK ini merupakan para siswa dari berbagai daerah di Lampung seperti Pesawaran, Bandarlampung, Lampung Selatan dan daerah lainnya. Sudah menjadi tugas kita bersama agar bagaimana mereka memiliki keberanian dan kepercayaan diri. Tidak hanya untuk meningkatkan pengetahuan bagi dirinya, namun juga bermanfaat untuk masa depan,” paparnya.

Anna juga mengatakan bahwa generasinya berbeda dengan generasi anak-anak saat ini. Jika di era generasinya saat dulu persaingannya hanya dengan anak-anak di Lampung maupun Indonesia, namun di era saat ini persaingannya secara global.

“Sehingga anak-anak harus memiliki kemampuan, tidak hanya ilmu komputer atau ilmu teknologi, tetapi mereka juga harus memiliki penguatan karakter yang dibutuhkan dalam menghadapi persaingan global,” ungkapnya.

Terlebih saat ini, di era 4.0 dimana dunia sudah tanpa batas persaingannya tidak hanya di lokal Indonesia namun secara global. Tidak hanya anak-anak Indonesia maupun asia, bahkan anak-anak dari berbagai dunia juga turut bersaing.

“Nah ini menjadi tugas kita bersama bagaimana kita mempersiapkan mereka. Tetapi saya berjumpa dengan 60 anak-anak muda Lampung yang memiliki kepercayaan diri, wajah-wajah smart dan cerdas. Jika suatu hari nanti mereka sukses dan berhasil, saya rasa saya sudah melihat semangat mereka sejak hari ini,” tutur Anna. (Adv/Agb)