free webpage hit counter

Dermaga Apung Angso Duo Segera Dioperasikan

unnamedJN, Pariaman – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat tidak lama lagi akan mengoperasikan dermaga apung yang berada di pulau Angso Duo yang diperuntukkan bagi kapal wisata dan angkutan masyarakat setempat.

Yanrileza selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pariaman, mengatakan pembangunan dermaga apung tersebut akan rampung dengan dua sumber dana yang disediakan dalam rentang waktu yang berbeda, Selasa (17/2).

Untuk pembangunan penyambung dermaga, pemerintah setempat melalui beberapa pihak, mulai mengerjakannya pada bulan September dan diselesaikan hingga Desember 2015 dengan menghabiskan dana sebanyak 500 juta rupiah. “Untuk pembangunan penyambung dermaga, pemerintah setempat menggunakan Dana Alokasi Khusus tahun 2015,” tutur Yanrileza.

Dermaga apung yang dirancang berbentuk L tersebut, dibantu dan dikerjakan langsung oleh pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), sementara pemasangan dilakukan oleh pemerintah setempat. “Khusus bantuan dari KKP, kita hanya memasang ulang, karena dermaga yang berbentuk L tersebut sudah dikerjakan oleh pusat sebelumnya,” ujarnya.

Dermaga apung tersebut secara teknis akan mengikuti tinggi rendah gelombang laut karena menggunakan sistem cincin. “Saat ini kondisinya sudah 98 persen, ada beberapa hal kecil lagi yang perlu diselesaikan, tetapi secara menyeluruh sudah bisa kita operasikan,” lanjut Yanrileza.

Berdasarkan kajian yang dilakukan bersama pihak konsultan, dermaga tersebut diperkirakan mampu bertahan hingga 20 tahun kedepan. Dengan panjang kurang lebih 60 meter dan lebar 2,5 meter. (JurnalRyan)

 

Dibaca 656 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *