free webpage hit counter

Ini Mercy G-Class yang Dikemudikan Jokowi di Lampung

 Mercedes-Benz G 500 2010.
Mercedes-Benz G 500 2010.

JN, Jakarta – Mercedes-Benz G-Class telah akrab dengan Pasukan Pengaman Presiden yang bertugas melindungi orang nomor satu di Indonesia. Dalam beberapa kali kesempatan, salah satu mobil tertua dalam sejarah Daimler ini terlihat dalam iring-iringan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat dinas di Ibu Kota atau luar kota.
Menurut situs Wikipedia, awalnya Paspampres menggunakan varian G 270 CDI dengan mesin diesel 2.7L bertenaga 183 tk dan torsi 400 Nm. Pada 2010 model baru G 300 CDI dipakai jadi pengganti.
G 300 CDI punya bodi station wagon di atas tipe sasis G-Class long wheelbase. Pada dasarnya mobil ini merupakan kendaraan militer versi sipil dan dijual umum termasuk di Indonesia. G 300 CDI dibekali mesin diesel V6 3.0L turbo dengan tenaga 184 tk plus torsi 400 Nm.
Jokowi pernah terlihat berada di kabin G-Class saat sedang meninjau lokasi pembangunan tol baru di Lampung. Mungkin saja karena situasi jalan belum beres maka Paspampres menilai lebih aman dan nyaman membawa presiden pakai G-Class dibanding model sedan S600 Pullman Guard.
Dari beberapa foto yang beredar bisa diketahui posisi setir G-Class itu berada di sebelah kiri. Ada kemungkinan unit diimpor langsung dari basis produksinya di Austria.
Bisa jadi juga mobil itu pesanan khusus Paspampres berikut tambahan spesifikasi keamanan sebab di Indonesia mobil yang dijual untuk masyarakat posisi setirnya ada di kanan.
G-Class dirancang sebagai kendaraan taktis sekaligus pelibas medan berat. Sistem gerak memiliki differential lock untuk semua roda, tidak semua kendaraan 4X4 punya keunggulan seperti itu.

Sumber: otomotif.kompas.com

Dibaca 572 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dog