free webpage hit counter

ISC Tonggak Kebangkitan Sepak Bola Nasional

JN, Papua – Kejuaraan Indonesia Soccer Championship (ISC) kali ini akan menjadi tonggak kebangkitan sepak bola nasional. Tentunya menjadikan sepak bola nasional menjadi lebih tangguh. Demikian disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mewakili Presiden RI saat membuka Liga Sepak Bola ISC di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat (29/4).

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, disambut antusias penonton di Stadion Mandala Jayapura. “Saya diperintahkan Presiden untuk membuka kejuaraan ini. Beliau mempunyai perhatian khusus terhadap Papua, beliau akan hadir dan saya bersama Kapolri mewakilinya,” ujarnya.

"ISC Tonggak Kebangkitan Sepak Bola Nasional"
“ISC Tonggak Kebangkitan Sepak Bola Nasional”

Menurut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Presiden Jokowi memiliki perhatian serius terhadap sepak bola dan menginginkan menjadi tonggak nasional. Begitupun untuk kemajuan Papua, sehingga digelar di sini untuk pembukaannya. Disamping itu, disampaikan pula untuk kejuaraan ini akan dimulai dari bulan April hingga Desember 2016 dan kejuaraan ini ditujukan untuk meningkatkan prestasi dalam bidang olahraga sepak bola.

“Atas perintah presiden, pertandingan pertama dilaksanakan di Papua, sebenarnya yang membuka adalah Pak Presiden. Tapi karena cuaca Bima buruk beliau baru berangkat pukul 19.00 WIB. Tapi Presiden sudah mendarat di Bandara Sentani,” kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

“Mari bersama-sama menikmati pertandingan antara Persipura melawan Persija. Bismillah turnamen ISC ini saya buka,” pungkas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Presiden Jokowi dan rombongan baru datang menjelang babak kedua dan dilanjutkan dengan membuka pertandingan tersebut dengan meniup peluit tanda dimulainya pertandingan babak kedua. Seluruh penonton yang berada di Stadion Mandala bersorak gembira usai Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih meniup peluit.

Pertandingan pembukaan antara Persipura vs Persija pun dimulai tepat pukul 22.00 WIB dengan antusias masyarakat yang sangat tinggi, pada pertandingan perdana saat Pembukaan ISC 2016 ini, tim yang berduel adalah Persipura Jayapura melawan Persija Jakarta yang berakhir dengan skor 1-1.

ISC merupakan liga sepakbola alternatif sejak Indonesia Super League (ISL) dihentikan karena pembekuan PSSI oleh pemerintah. ISC terdiri dari dua bagian, A dan B. ISC A diisi oleh 18 klub yang berasal dari kompetisi Liga Super Indonesia (ISL). ISC B dihuni 59 klub Divisi Utama. ISC tidak memberlakukan sistem promosi dan degradasi.

Sebanyak 18 klub peserta ISC 2016 adalah Semen Padang, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Persib Bandung, Madura United, Persela Lamongan, Gresik United, Arema Cronus, Surabaya United Bhayangkara, Barito Putera, Mitra Kukar, Bali United, Persiba Balikpapan, PSM Makassar, PS TNI, Perseru Serui, Persipura Jayapura dan Pusamania Borneo.

Sejumlah pejabat negara yang turut mendampingi presiden di Stadion Mandala antara lain Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal PolisiBadrodin Haiti.

(PuspenTNI)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *