free webpage hit counter

Krisis Pangan Melanda Niger

JN, Niger – Berdasarkan laporan PBB yang dirilis hari ini, dua juta warga Niger diperkirakan membutuhkan bantuan pangan pada tahun ini, meskipun negara Afrika Barat tersebut mengalami surplus pertanian, Kamis (18/2/16).

Dari pernyataan Badan Koordinasi Bidang Kemanusiaan PBB (OCHA) ,berbagai organisasi Uni Eropa akan mengulurkan bantuan bagi sekitar 1,5 juta orang, termasuk pengungsi dari sejumlah negara tetangga. Pemerintah Niger berkomitmen membantu 500.000 warga lainnya.

Lembaga-lembaga kemanusiaan memperkirakan jumlah orang yang membutuhkan bantuan pangan di Niger mencapai dua juta jiwa. Uni Eropa berupaya menggalang dana senilai US $ 147 juta untuk dapat memberikan bantuan secara penuh, namun pada 15 Februari lalu, baru 2,5 persen dana dapat disalurkan.

Krisis pangan terjadi meski Niger mengalami surplus produksi sereal sebesar 88.000 ton pada tahun 2015 lalu. Niger merupakan negara miskin berpenduduk 17 juta jiwa dan sudah berulang kali dilanda krisis pangan akibat kekeringan dan banjir sembagai imbas dari perubahan iklim.

Menurut data resmi yang dikeluarkan Otoritas setempat, Niger juga merupakan salah satu negara dengan angka kelahiran tertinggi di dunia, dengan rata-rata 6 hingga 7 anak per ibu.

[PWRI/Pendim Kediri/ Christian/ Raymond]

Dibaca 509 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dog