free webpage hit counter

Luar Biasa! Acara Perpisahan di Sungai Geringging Disertai Khatam Alquran

Yulianis,S.Pd, Kepala Sekolah SDN 15 Sungai Geringging
Yulianis,S.Pd, Kepala Sekolah SDN 15 Sungai Geringging

Sei.Geringging, JN – Seperti biasanya, jika yang namanya acara perpisahan di sekolah – sekolah, selalu identik dengan kemeriahan dan jalan – jalan untuk para murid yang lulus. Namun berbeda dengan apa yang dilakukan oleh SD Negeri 15 Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman ini, mereka juga menyelenggarakan khatam Alquran besertaan acara perpisahan sekolahnya.

Semboyan Adaiak Basandi Syarak, Syarak Basandikan Kitabullah (Baca Indo: Adat bersendikan Agama, Agama Bersendikan Kitab Allah/ Alquran), sepertinya bagi para guru di Sekolah Dasar Negeri 15 Sungai Geringging itu, bukan hanya isapan jempol belaka. Pihaknya sangat memahami, bahwa Alquran sebagai lentera kehidupan, mesti ditanamkan selalu kepada anak didik, apalagi anak murid mereka yang dari SD menuju SMP dan sekolah tingkat lanjutnya.

Usai acara khatam Alquran diselenggarakan, majelis guru dan Komite Sekolah itu melaksanakan berbagai acara lainnnya, yang bertempat dihalaman sekolah tersebut.

“Selain khatam Alquran, kami juga menampilkan berbagai kegiatan minat dan bakat murid SDN 15 Sungai Geringging. Diantaranya; pawai, penampilan drum band. Sepertinya masyarakat sangat antusias, karena bisa dilihat dengan ramainya masyarakat yang berduyun – duyung menyaksikan acara,” Ungkap Adrichan, selaku Panitia Pelaksana, didampingi Ketua Komite SDN 15 Sungai Geringging Buyung RC dan Ali Budiman,SH.

Salah seorang tokoh masyarakat Sungai Geringging, Zulkifli,B.Sc, sangat kagum dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah tersebut. “Semenjak sekolah ini berdiri, baru sekali ini kegiatan seperti ini di lakukan di tempat terpisah dan adanya nuansa Islami dengan Khatam Alquran,” ungkap Zulkifli.

Sementara itu, Yulianis,S.Pd, Kepala Sekolah SDN 15 Sungai Geringging berharap adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, masyarakat di ranah dan dirantau, agar apa yang dilakukan bisa ditingkatkan dan berkelanjutan.

“SDN 15 ini, selain melaksanakan pendidikan formal juga melaksanakan pendidikan dengan membentuk pondok alquran, drum band, latihan seni tari tradisional dan banyak lagi. Disetiap kegiatan kecamatan, kami selalu menampilkan murid kami,” kata Yulianis.

Dalam acara tersebut, selain banyaknya masyarakat yang hadir, tampak para Muspika juga lengkap menyaksikan acara. Semoga Sekolah Dasar lainnya dan sekolah – sekolah yang ada di Sumatera Barat bisa mencotoh kegiatan ini, karena identik dengan ABS – SBK. (Rudy Koto)

Dari Kiri - Ali Budiman,SH, Buyung RC, Adrichan,B.Sc. saat acara perpisahan
Dari Kiri – Ali Budiman,SH, Buyung RC, Adrichan,B.Sc.
Dibaca 711 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *