free webpage hit counter

Luar Biasa! MTsN Sawahlunto Wakili Indonesia: Juara 2 di Kejuraan Bridge Internasional di Italia

Italia, JN – Tim Bridge yang berasal dari Kota Sawahlunto, di ajang Bridge Internasional di Italia, menoreh prestasi yang membanggakan. Lewat pesan WhatSapp Dimas Fikriaza, murid MTsN Sawahlunto itu, mengabarkan bahwa di Pertandingan Bridge Internasional usia 16 Tahun (Kelas C), Juara pertama diraih oleh Tim dari Canada, Juara Kedua diraih Indonesia (Dimas dan Hanif dari MTsN Sawahlunto), Juara Ketiga Tim dari Ceko dan Keempat dari Swedia.

Sebelumnya, Indonesia mengirimkan 2 team ke 16th World Youth Team Championships yang akan berlangsung di Salsomaggiore, Italy  dari tanggal 3 – 13 August 2016. Kedua team tersebut adalah Girls dan Kids. Kids adalah team undangan sementara Girls Indonesia adalah team yang lolos dari kualifikasi zona APBF di Thailand tahun lalu.

Berikut adalah nama anggota team Indonesia (INDONESIA Kids Team): Muhammad ALHANIF (MTsN Sawahlunto – Sumbar), Dimas FIKRIAZA (MTsN Sawahlunto – Sumbar), Latifah Kurnia Putri GUNARDI (Sulut), Aditya Riswan IMAWAN (Sulut), Dimas Adji NUGRAHA (Riau), Andika Arya PERMANA (Riau).

Untuk Indonesia Girls Team: Gabriela Bindi Desi EVA (Jateng), Yunita FYTRY (Jateng), Fransisca Tri MARTANTI (Jatim), Elsya Saktia NINGTIAS (Jatim), Ernis SEFITA (Jateng), Fortina Mora SIBUEA (Jatim),

Dimas juga menginformasikan, bahwa dirinya beserta Tim yang lain akan berangkat dari Milan, Italia, sore ini (10/8) dan diperkirakan Kamis sore besok (11/8) akan sampai di Bandara Soekarno – Hatta (Indonesia).

“Kami bangga sekaligus terharu siswa MTsN Sawahlunto mampu mengukir prestasi tingkat internasional,” ungkap Indra Gani,S.Pd, Kepala Sekolah MTsN Kota Sawahlunto, kepada Jurnal.News, Rabu (10/8).

“Walaupun MTsN Sawahlunto bukan sekolah yang besar dan Kota Sawahlunto bukan pula daerah yang besar, tetapi mampu besar dengan prestasinya di tingkat Internasional. Semoga dengan prestasi Dimas dan Hanif ini, mampu menjadi motivasi bagi siswa didik saya di MTsN Sawahlunto dan madrasah lainnya di Kota Sawahlunto,” imbuh Indra.

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Kota Sawahlunto, Drs. Ramza Husmen,M.Pd, kepada Jurnal.News menuturkan, bahwa dirinya selain sangat bangga juga sangat mengapresiasi Sepriyan Yusril,S.Pd selaku guru sekaligus pelatihan Dimas dan Hanif, sehingga meraih prestasi yang membanggakan di kejuraan Bridge tingkat Internasional di Italia yang digelar sejak 3 Agustus 2016 kemarin.

“Saya sangat berterima kasih kepada Guru MTsN sekaligus pelatih Bridge MTsN Sawahlunto. Pak Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat sangat mensupport anak – anak kita ini. Semoga dengan peraihan juara II di Italia itu, menjadi motivasi bagi anak didik kami di madrasah,” paparnya Ramza.

“Rencananya, saya akan menyambut kedatangan Dimas dan Hanif dan saya bersama Pak Kabid Pendidikan Mandrasah Kemenag Provinsi Sumatera barat, akan mempertemukan mereka dengan Dirjend Pendidikan Madrasah di Kementrian Agama Pusat,” ujar Ramza.

Ramza dan Indra Gani sama – sama berharap prestasi tersebut mampu menjadi motiasi bagi madrasah se Kota Sawahlunto. Mereka juga berharap Walikota Sawahlunto semakin giat mensupport kegiatan di berbagai cabang olahraga di Kota Sawahlunto.

“Besar harapan saya Bapak Walikota Sawahlunto mensupport cabang – cabang Olahraga di Kota Sawahlunto, bukan hanya yang bersifat tim tapi olahraga yang sifat perseorangan (individual) juga demikian,” harapan Indra dan Ramza serentak.

Tim Bridge Indonesia berfose di ItaliaTim Bridge Indonesia berfose di Italia
Tim Bridge Indonesia berfose di ItaliaTim Bridge Indonesia berfose di Italia

Sekadar diketahui, permainan Bridge adalah terdiri dari Empat pemain berpasangan dan duduk berhadap-hadapan. Permainan ini terdiri dari lelang diikuti oleh permainan kartu. Peraturan-peraturannya cukup ringkas dan mirip dengan permainan kartu lainnya. Lelang berakhir dengan sebuah kontrak kecuali bila kartu di tangan dilewati. Sebuah kontrak adalah pernyataan oleh salah satu partner bahwa pihak mereka akan mengambil sejumlah (atau lebih) trik. Lelang ini menentukan pihak yang menyatakan, the strain of trump dan lokasi pemimpin untuk kartu di tangan.

Turnamen bridge biasanya diatur untuk memaksimalkan penggunaan kecakapan satu tim dan meminimalkan pengaruh keberuntungan. Bridge telah dibandingkan dengan catur dalam pengertian bahwa harus digunakan akal sehat. (Rico AU)

Dibaca 1.705 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *