free webpage hit counter

Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Baru dan Mampu Berprestasi

Padang Pariaman, JN – Walau terbilang sebagai nagari baru di Kabupaten Padang Pariaman, Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, diprediksi mampu menjadi nagari yang berprestasi. Sebanyak 59 Nagari yang ada di kabupaten tersebut, secara administrasi dan pemberdayaan masyarakat, Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu saat ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan BPM Sumatera Barat.

Nagari tersebut dipimpin oleh Ramli, selaku Wali Nagari dan didampingi oleh sang Ketua Bamus, Muhammad Rasyid, S.Pd ,MM. Pihaknya sangat yakin mampu menjadi garda terdepan untuk kemajuan Nagari Batu Gadang.

“Berkat kegigihan Wali Nagari dan Ketua Bamus Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, yang mampu merangkul seluruh elemen masyarakat yg ada di nagari tersebut. Baik dari segi pembangunan serta pemberdayaan masyarakat Nagari Batu Gadang boleh berbangga, karena Nagari Batu Gadang juga merupakan sentra pertanian kakao dan juga jagung. Kondisi itu diakui secara nasional dan menjadi pusat pelatihan bagi daerah lain,” ungkap salah seorang tokoh masyarakat kepada Jurnal.News.

Namun, semua capaian itu tidak terlepas pula dari peran serta Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, dengan seringnya bupati Ali Mukhni serta Ketua DPRD Padang Pariaman, Faisal Arifin, yang selalu meninjau ke lapangan untuk memotivasi masyarakat agar lebih giat bertani dan bergotong royong untuk pembukaan akses jalan di Nagari Batu Gadang.

Pada tanggal 19 mei 2016 kemarin, team penilai nagari berpertasi Sumatera Barat di bawah pimpinan Kepala BPM Syafrizal Ucok, melakukan penilaian ke Nagari Batu Gadang, turut hadir Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur.

Ramli, Wali Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Kabupaten Padang Pariaman.
Ramli, Wali Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam kesempatan yang sama, Suhatri Bur juga didampingi Wakil Ketua DPRD Padang Pariaman, Mothia Azis dan beberapa SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

Team penilai sangat terkesan dan memberikan apresiasi terhadap Nagari Batu Gadang, dengan masyarakat memanfaatkan halaman rumah menjadi sebuah kebun, yang mana tanamannya kaya dengan manfaat itu. Ditambah lagi kebun kakao yang disulap menjadi tempat wisata pertanian. (Rudy Koto)

Tanaman halaman rumah yang diberdayakan oleh Kenagari Batu Gadang Kuranji Hulu.
Tanaman halaman rumah yang diberdayakan oleh Kenagari Batu Gadang Kuranji Hulu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *