free webpage hit counter

Nuansa New Zealand di Sumatera Barat

Sebuah tempat yang terpencil di Sumatera Barat tepatnya di Padang Mangateh, Kabupaten Limapuluh Kota yang punya peternakan setara dengan Australia maupun Selandia Baru. Bahkan, peternakan sapi di Padang Mangateh ini sudah berdiri sejak 1916 silam yang menjadi salah satu bukti warisan kolonial Belanda. Pada tahun 1955, Padang Mangateh menjadi peternakan terbesar di Asia Tenggara dimana yang dipelihara adalah kuda, sapi, kambing dan ayam.

Peternakan Padang Mangateh ini punya luas total mencapai 280 Ha. Topografi daerah ini juga cukup tinggi yaitu berada di 700-900 meter di atas permukaan laut. Sehingga memiliki iklim sejuk 18-28’ C.

Kesejukan alam plus menyaksikan ribuan sapi berbaris melahap rumput di dalam Savana membuat kita tak percaya tengah berada di Indonesia. Savana atau padang rumput yang membentang sejauh mata memandang itu dilatari oleh Gunung Sago yang luar biasa cantiknya.

Karena kecantikannya, banyak wisatawan yang menganggap tempat ini adalah New Zealandnya Sumatera Barat. Hal ini pula yang menyebabkan tempat ini jadi salah satu incaran pengunjung.

Untuk menuju Padang Mangateh tidaklah terlalu sulit. Jaraknya hanya sekitar 2 km saja dari Jalan Raya yang menghubungkan Payakumbuh- Lintau. Lokasinya berada di Kecamatan Luhak, Kabupaten Limapuluh Kota. Sesampai di sana, akan ada papan petunjuk yang akan mengarahkan kita menuju lokasi.

Dibaca 583 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dog