free webpage hit counter

Panglima TNI : Sportivitas dan Prestasi Merupakan Kehormatan Olahragawan Sejati

Cilangkap, JN – Para prajurit sebagai atlet agar dapat mengikuti pertandingan Piala Panglima TNI dengan sungguh-sungguh serta menjunjung tinggi sikap kesatria, karena sportivitas dan prestasi merupakan kehormatan olahragawan sejati, sesuai dengan jiwa dan semangat juang prajurit.

Demikian amanat Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Hediawan, M.P.A., M.B.A., pada Upacara Pembukaan Kejuaraan Piala Panglima TNI Tahun 2016,  di Lapangan Sepak Bola Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (18/10).

Menurut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, kejuaraan ini diharapkan menjadi pendorong bagi penggelaran event pertandingan olahraga di jajaran  satuan  TNI. “Inilah sesungguhnya esensi dari pertandingan Piala Panglima TNI, yang kita jadikan sebagai salah satu mata rantai dari siklus pembinaan yang telah, sedang dan akan kita tingkatkan,” ucapnya.

“Semakin banyak melakukan pertandingan, maka akan semakin baik. Artinya semakin banyak pertandingan yang dilaksanakan dan diikuti oleh para prajurit, maka dipastikan akan semakin besar peluang dan kesempatan untuk mencapai prestasi serta mental juara,” jelas Panglima TNI.

Dalam kejuaraan ini, Panglima TNI menaruh harapan yang besar kepada seluruh satuan di jajaran TNI untuk dapat mengembangkan cabang-cabang olahraga, diantaranya mencari dan menemukan bibit-bibit atlet yang memiliki potensi untuk mampu berkembang sebagai sumbangsih TNI kepada olahraga nasional. “Pembinaan keolahragaan di lingkungan TNI merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembinaan satuan TNI, salah satunya dalam membina prajurit untuk meningkatkan prestasi dibidang olahraga,” ujarnya.

“Jadikan event pertandingan ini sebagai wahana untuk uji kemampuan, ketangkasan dan keterampilan, serta menempa diri dan membangun integrasi dan soliditas sesama prajurit TNI dan PNS di lingkungan  TNI,” tegas Panglima TNI.

Mengakhiri amanatnya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyatakan agar hindari segala tindakan tidak terpuji yang dapat mengganggu kelancaran jalannya pertandingan. “Utamakan semangat persatuan dan kesatuan serta kebersamaan, sehingga tercipta soliditas dan solidaritas TNI sebagaimana tujuan dari kegiatan tersebut,” pungkasnya.

Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Hediawan, M.P.A., M.B.A., disela-sela pertandingan sepak bola mengatakan bahwa, Kejuaraan Piala Panglima TNI tahun 2016 mengangkat Tema “Semangat kompetisi yang dilandasi sportifitas dan soliditas yang tinggi untuk meraih prestasi terbaik dalam rangka mewujudkan profesionalitas atlet, Prajurit dan PNS TNI guna mendukung tugas pokok TNI”.

Menurut Kasum TNI, pertandingan Piala Panglima TNI tahun 2016 dilaksanakan dari tanggal 18 s.d. 25 Oktober 2016 di sarana olahraga Mabes TNI, Cilangkap, dengan  mempertandingkan 3 (tiga) cabang olahraga yaitu Sepak Bola, Bola Voli dan Tenis Lapangan yang diikuti peserta dari Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

“Sasaran yang ingin dicapai dalam kejuaraan Piala Panglima TNI antara lain, diperolehnya atlet TNI dalam rangka persiapan pertandingan sepak bola Wira Malindo 2016 dan pertandingan Liga Nasional bola voli tahun 2016, dan meningkatkan kemampuan olahraga umum serta membina kesamaptaan jasmani Prajurit dan PNS TNI,” ucap Laksdya TNI Dr. Didit Hediawan. (Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H)

Dibaca 274 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *