free webpage hit counter

Pemko Pariaman Bentuk Dubalang Di Desa/Kelurahan

Walikota Pariaman H. Mukhlis Rahman
Walikota Pariaman H. Mukhlis Rahman

JN, Pariaman – Tahun 2016 ini, Pemko Pariaman akan membentuk dubalang (lembaga keamanan desa) di setiap desa dan kelurahan. Dubalang ini berfungsi sebagai tim terdepan untuk pengamanan desa/keluarahan. Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan setiap desa/kelurahan memiliki 2 dubalang yang siap membantu tugas Polri dan Satpol PP dalam keamanan di daerahnya.

“Selama ini desa/kelurahan hanya memiliki anggota Linmas untuk pengamanan, namun hanya difungsikan ketika ada pemilu saja, untuk ke depannya pengawasan akan ditingkatkan melalui dubalang ini,” tambahnya.

Dibentuknya dubalang ini sebagai pengaman desa dari masyarakat yang bersifat negatif/pengganggu di desa. Diharapkan pembentukan dubalang ini, akan menciptakan desa yang aman dan tentram.

Dubalang yang diaktifkan dalam Februari ini, semacam anggota hansip, namun tidak menggunakan seragam khusus, mereka hanya menggunakan seragam serba hitam.

Para anggota dubalang dipilih dari orang-orang yang memilikil ilmu bela diri dengan usia maksimal 30 tahun. Selain memberikan keamanan bagi masyarakat, pembentukan dubalang ini juga merupakan salah satu cara Pemko Pariaman untuk menghidupkan kembali seni bela diri silat yang selama ini mulai dilupakan generasi muda Pariaman. (JurnalIndra)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *