free webpage hit counter

Studi: Tambahkan Getaran, Efektivitas Olahraga Bisa Bertambah 100 Persen

Meskipun tampaknya sepele, getaran rupanya dapat menambahkan efektivitas latihan fisik hingga 100 persen. Demikian disampaikan oleh peneliti dari Eindhoven University of Technology.

Ya, peneliti Massimo Mischi dan Lin Xu awalnya mencoba mencari tahu adakah efek dari menambahkan sesi getaran pada efektivitas latihan fisik, termasuk treadmill dan latihan angkat beban.

Mereka mengungkapkan, menambahkan 30 Hertz getaran untuk setiap sesi latihan dapat meningkatkan dampak positifnya hingga 100 persen. Alasannya, otot berkontraksi lebih cepat dalam menanggapi efek getaran. “Dengan getaran, otot-otot ditemukan bekerja lebih keras dan lebih cepat,” ungkapnya.

Dalam tes lain, responden yang menambahkan getaran pada latihan angkat beban juga menjadi lebih bertenaga dibandingkan dengan responden tanpa getaran.

Dari hasil penelitian ini, para peneliti berpikir bahwa kemungkinan besar latihan getaran dapat membantu mereka yang secara fisik lemah dan butuh rehabilitasi.

“Orang-orang mungkin bisa mencoba metode ini untuk membantu meningkatkan efektivitas olahraga mereka. Sudah banyak alat-alat metode getaran saat ini yang bisa dimanfaatkan,” tutur Mischi, seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (16/1/2016).

Mischi dan Xu pun kemudian mencoba mengembangkan perangkat getaran yang memungkinkan orang-orang memiliki pola latihan fisik yang lebih efektif. Perangkat ini memiliki mesin yang menghasilkan getaran melalui kabel. Pengguna dapat menyesuaikan sistem kabel untuk mengatur tinggi dan panjang perangkat, bergantung pada jenis latihan yang dilakukan.

Dibaca 457 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *