Tomy Winata Kirim Utusan Pantau EIR di Aconcagua

Tim Ekspedisi Indonesia Raya (EIR) di Gunung Aconcagua, Argentina.
Tim Ekspedisi Indonesia Raya (EIR) di Gunung Aconcagua, Argentina.

JN, Jakarta – Pendiri Yayasan Artha Graha Peduli, Tomy Winata mengirim utusan untuk melakukan pemantauan dari dekat Tim Ekspedisi Indonesia Raya (EIR) di Gunung Aconcagua, Argentina.

Dalam ekspedisi tersebut diperkuat oleh pendaki tunadaksa Indonesia, Sabar Gorky dan lima anggota Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Tim Ekspedisi Indonesia Raya sudah sepekan lamanya berada di Argentina dan saat ini diketahui berada di Kamp Canada pada ketinggian 4900 mdpl.

Promotor Ekspedisi Indonesia Raya, Teguh Santoso mengatakan, “Kami sudah bertekad memberikan dukungan maksimal untuk Ekspedisi Indonesia Raya. Kami diutus Pak Tomy untuk memantau langsung pendakian dari titik terdekat,” ujarnya.

Menurut Teguh, dirinya bersama Manajer Ekspedisi Dar Edi Yoga dan Asisten manajer Feril Nawali akan berangkat menuju Argentina pada Selasa (01/3) siang ini.

Begitu mendarat di Buenos Aires, ibukota Argentina, rombongan kecil ini langsung menuju kaki gunung Aconcagua di Mendoza.

“Kami menaruh kepercayaan penuh kepada tim pemandu dari Acomara Guide yang mendamping Sabar dan kawan-kawan di ekspedisi ini. Sejauh ini pelaksanaan pendakian sesuai dengan yang direncanakan,” ujarnya.

 

Menurut Teguh, Tomy Winata dan Dankomar TNI AL Mayjen (Mar) Buyung Lalana serta pendukung ekspedisi lainnya menitipkan salam untuk Sabar dan kawan-kawan.

“Mas Sabar mengatakan kepada saya bahwa setiap gunung adalah unik. Setiap pendakian adalah tantangan baru. Saya datang ke Argentina membawa salam dan dukungan dari Pak Tomy dan Pak Buyung serta pendukung ekspedisi lainnya,” demikian ujar Teguh.

Sebelumnya Teguh mendampingi Sabar Gorky semenjak tahun 2011 dalam ekspedisi Gunung Elbrus di Rusia dan Gunung Kilimanjaro di Tanzania, yang masing-masing merupakan gunung tertinggi di Eropa dan Afrika. Kemudian pada tahun 2012, Teguh mengikutsertakan Sabar dalam kompetisi internasional panjat dinding tunadaksa di Paris, Perancis, dan menempati urutan keempat. Selanjutnya tahun 2014, bersamaan dengan HUT Jakarta 21 Juni, Tegu Santosa mempromotori pendakian Tugu Monas oleh Sabar Gorky.

Pada tanggal 18 Februari lalu, tim Ekspedisi Indonesia Raya dilepas oleh Tomy Winata, Mayjen (Mar) Buyung Lalana dan Teguh Santosa. Juga hadir dalam pelepasan itu mantan Dubes RI untuk Argentina Kartini Pandjaitan dan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono.

Aconcagua (6.962 mdpl) merupakan gunung tertinggi di Amerika Selatan sekaligus gunung tertinggi kedua di dunia. Bagi Sabar Gorky, ini adalah gunung tertinggi keempat yang ditaklukkannya.

Dalam pendakian kali ini, Sabar Gorky didampingi dan dipimpin oleh Letkol (Mar) R Saragih dan empat anggota Korps Marinir; Kopda (Mar) Sigit Purwoko, Kopda (Mar) Imam Rozikin, Praka (Mar) Erlando B, dan Praka (Mar) Didik Rudiyanto. Selain itu tiga pendaki lain yang ikut dalam Ekspedisi Indonesia Raya adalah Asep Sumantri, Syatiri Achmad Aswani, dan Widya Victoria, redaktur di Kantor Berita Politik RMOL.[PWRI/zul/RMOL/Red]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *