Bandar Lampung – Menyikapi fenomena alam gerhana matahari pada 26 Desember 2019 siang, sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung laksanakan sholat Khusuf atau gerhana matahari.

Solat khusuf dilaksanakan di Masjid Ushuluddin dengan diimami oleh Dr KH Khairuddin Tahmid MH (Dekan Fakultas Syariah) dan khutbah disampaikan oleh Dr Khumaidi Ja’far MAg (Wakil Dekan I Fakultas Syariah).

Dalam khutbahnya, Khumaidi mengingatkan beberapa hal akan fenomena tersebut.

“Allah ingin menunjukan keagungan-Nya yg tak terbatas, semua tunduk dan sujud,” katanya.

“Allah ingin melihat manakah hamba yang mengikuti sunnah nabi dan mana yang hanya mengikuti kesenangan pribadi. Dengan melaksanakan sholat gerhana hari ini, kita berdoa dan berharap agar kita dapat di kumpulkan bersama orang-orang yang mencintai Baginda Nabi,” lanjutnya.

Dia juga berharap, dengan gerhana matahari ini dapat menambah kecintaan kita pada Allah Swt. “Marilah kita jadikan peristiwa ini sebagai momentum untuk meningkatkan kebaikan-kebaikan kita, baik kepada sesama manusia maupun kepada Allah Swt,” tambahnya.

Selain sholat Khusuf, Fakultas Syariah melalui Laboratorium Falakiyah juga observasi secara langsung fenomena gerhana matahari dengan teropong dan satelit di fakultas setempat. Dalam observasi tersebut, Laboratorium Falakiyah berhasil meliput fenomena alam tersebut. (*)