Sukadana – Berbarengan dengan Pelantikan Pengurus Badan Wakaf (BWI) Kabupaten Lampung Timur masa jabatan 2019-2022, juga dilakukan Launching Gerakan Sadar Wakaf Tunai Oleh Kementerian Agama Lampung Timur. (17/12/2019).

Gerakan Sadar Wakaf Tunai yang dicanangkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Timur bertujuan untuk memberikan literasi kepada masyarakat khususnya keluarga besar Kemenag Lampung Timur akan pentingnya berwakaf sejak dini.

“Tidak harus menunggu kaya dulu, berduit dulu, mapan dulu, baru bisa berwakaf, tetapi sesuai kemampuan seorang wakif untuk mewakafkan hartanya melalui wakaf uang ini yang nantinya dihimpun pada Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) dan hasil optimalisasi ya akan dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat dan oleh Nazhir yang telah ditunjuk oleh wakif” jelas Karwito dalam sambutannya.

“Untuk penghimpunan wakaf yang perdana ini, kita mengakui bahwa¬† sosialisasinya masih sangat kurang, karena ada beberapa kendala seperti media yang masih sangat terbatas dan waktu sosialisasi yang sangat mepet yakni kurang lebih hanya 2 Minggu, kami berniat setelah Launching ini akan mengadakan sosialisasi yang lebih masif lagi dan lebih mendalam lagi terkhusus untuk Penyuluh Agama Islam agar tersalurkan edukasi dan literasi kepada masyarakat atau jamaah di majelis taklim” jelas Solihin Panji selaku sekretaris BWI Lampung Timur yang dimintain keterangan usai acara tersebut.

“Kita berwakaf sesuai dengan kemampuan kita, uang-uang ini dihimpun disatu titik diterima oleh LKS-PWU dan dihimpun, dan ditunjuk Nazhir misalnya BWI Lampung Timur dan hasil optimalisasi ya nanti akan dimanfaatkan oleh BWI untuk kesejahteraan umat Islam seperti Beasiswa kurang mampu, membangun infrastruktur keagamaan juga untuk pengembangan ekonomi produktif. Jadi yang digunakan adalah optimalisasinya, bukan pokoknya.¬† Sementara pokoknya itu tidak boleh dihabiskan namun harus dikekalkan” lanjutnya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lampung Timur menjelaskan bahwa dalam penghimpunan wakaf tunai kementerian Agama Lampung Timur sampai dengan pagi ini 17 Desember 2019 sudah terkumpul lebih dari Rp.50.000.000.

Dan perlu diketahui bahwa ketika seseorang mempunyai wakaf tunai diatas Rp.1.000.000 maka akan dikeluarkan sertifikat wakaf dari LKS-PWU, tetapi jika dibawa Rp.1.000.000 maka akan dikeluarkan oleh BWI. (Adv)