METRO KIBANG – Usaha salah satu masyarakat yang ada di Desa Margototo yang memproduksi Baglog atau bibit jamur tiram mampu menembus pasar luar kota. Hal itu terbukti dengan pengiriman bibit jamur tiramnya yang diproduksi tiap harinya mendapat orderan dari palembang, Bandar Lampung hingga daerah Riau dalam pengirimannya, (26/01/2020).

Dalam kunjungan tim peliput ke lokasi produksi pembibitan jamur tiram ini, juga tengah mempersiapkan orderan dari daerah Palembang yang meminta pengiriman.

Mujianto, selaku pemilik usaha ini mengaku sudah ada 10 tahun lebih menggeluti usaha pembuatan bibit jamur tiram. Awalnya dirinya adalah TKI yang bekerja di Malaysia den kebetulan bekerja di produksi bibit dan pengolahan jamur tiram.

Dengan keahlian yang Ia dapat dari bekerja selama beberapa tahun tersebut kemudian dirinya kembangkan di rumah sampai saat ini menjadi usaha keluarga.

“Awal memulai usaha hanya bermodal 25 juta saja untuk membeli peralatan dan juga membuat rumah produksi jamur ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, dirinya juga mengajak Masyarakat yang ada di sekitarnya terutama saudara untuk membangun usaha Jamur tiram ini baik produksi jamurnya maupun baglok atau media produksi jamur tiram.

“Saat ini sudah ada beberapa orang yang bergelut di usaha ini, bahkan ada juga yang memanfaatkan jamur tiram diolah sebagai keripik, gorengan, bakso yang dipasok dari produksi panen jamur tiram di sini,” ungkapnya.

Lebih lanjut lagi, dirinya mengatakan dalam satu bulan omset yang dihasilkan untuk hasil produksi baglog jamur tak kurang 10 – 15 juta. Saat ini dirimnya juga memiliki beberapa pekerja untuk membantu memenuhi pesanan yang datang dari luar kota.(Adv/Tm/Kominfo)